Senin, 01 September 2014

Misal Kandang Ayam Petelur

Melakukan bisnis ayam petelur bisa jadi tempat untuk membuahkan duit sambilan. Apabila Anda memutusan untuk menekuni dalam usaha ini, Anda mesti pelajari bagaimana caranya menjaga ayam petelur supaya tumbuh sehat serta membuahkan telur yang berkwalitas. Dalam artikel ini Anda bakal belajar tentang, langkah bikin serta menjaga ayam petelur supaya ternak ayam Anda bisa membuahkan telur yang baik serta layak di jual. Dalam soal ini kandang ayam memmengaruhi. Tersebut bakal diterangkan tentang pembuatan kandang ayam petelur Kelompok Kandang Ayam Petelur Ideal
Terdapat banyak kelompok kandang ayam petelur yang harus di perhatikan oleh Anda, agarternak ayam petelur Anda tertangani baik.
Suhu dalam kandang ayam petelur mesti ditata diantara suhu 32, 5 derajat celcius sampai suhu 35 derajat celcius.
Supaya kelembapan kandang ideal, Anda mesti mengatur kelembapan kandang dalam presentasi 60 hingga 70%.
Anda mesti mengatur penerangan yang cukup supaya suhu kandang jadi hangat, serta gunakan lampu dari bohlam kuning supaya panasnya cukup untuk penetasan telur, gunakanlah juga termometer dinding.
Atur letak kandang agar kandang terserang cahaya matahari yang cukup.
Upayakan kandang ayam petelur yang di buat tak melawan arah berlalunya angin yang bertiup dengan cara kencang.
Janganlah bikin kandang ayam yang serba tertutup serta buat sedemikian rupa supaya perubahan hawa didalam serta luar kandang jalan lancar.
Bangun kandang ayam petelur diatas tanah atau mungkin tempat yang rata. Gunanya yaitu jika hujan turun sangatlah deras serta bikin permukaan aliran air naik, akan tidak meluberi kandang ayam. Bakal lebih lagi apabila Anda bikin kandang di tempat terbuka yang terserang banyak angin (bukanlah angin kencang).
Untuk bikin kandang ayam paling baik, Anda tak perlu merogoh kocok terlampau dalam untuk beli bahan yang mahal. Yang terutama yaitu bahan yang dipakai itu kuat, dapat bertahan lama serta gampang dibikin bersih.
Sesudah kandang ayam usai di buat, Anda mesti isi kandang dengan perlengkapan yang ideal. Perlengkapan itu diantaranya seperti lampu atau mungkin bohlam lampu kuning, termometer dinding, tempat serta air minum. System Kandang Ayam
Type kandang ayam petelur dapat juga dibedakan dari dua system yang tidak sama yakni system kandang ayam koloni serta system kandang ayam perorangan. System kandang ayam koloni yaitu system kandang ayam yang sangatlah besar sampai dapat ditinggali beberapa ribu ayam petelur. System kandang ayam perorangan dalam bhs inggris dimaksud dengan cage sangatlah pas untuk ayam petelur yang diternakkan dengan maksud komersial. System kandang ayam perorangan berupa satu kotak kandang untuk satu ayam petelur. Type Kandang Dibedakan dari Type
Kandang ayam petelur terkecuali dibedakan dari ketidaksamaan system kandang, dapat juga dibedakan dari type lantai yang ada didalam kandang. Beberapa jenis itu diantaranya seperti berikut. 1. Kandang Ayam denganLantai Liter
Maksud kandang dengan lantai liter yaitu kandang yang sisi lantainya dilapis dengan kulit padi atau mungkin sekam padi Biasanya type kandang ayam dengan lantai liter kerap di buat untuk peternakan ayam petelur system koloni. 2. Kandang Ayam dengan Kolong Berlubang
Kandang ayam ini yaitu kandang yang sisi lantainya dipasang batu atau mungkin kayu kaso dengan jarak serta di bagian jaraknya di buat lubang-lubang. Lubang-lubang itu bermanfaat juga sebagai tempat keluarnya kotoran ayam yang segera jatuh ke bawah serta dibawah kandang telah dipasangi tempat penampungan kotoran. 3. Kandang ayam dengan lantai campuran
Kandang ayam ini adalah gabungan dari kandang ayam dengan lantai liter serta kandang ayam dengan kolong berlubang. Presentasi penggunaan lantai yaitu 40% lantai liter serta 60% lantai kolong berlubang (di mana dalam presentasinya terdiri 30% lantai kolong berlubang di samping kanan serta 30% di samping kiri). 4. Type Kandang Ayam Petelur Terbuka Dengan Jenis FAE
Lihat judul artikel diatas, Anda pasti bertanya-tanya apakah itu misal kandang ayam petelur terbuka jenis FAE? FAE yaitu kepanjangan dari futuristik, aerodinamis serta ekonomis. Jadi kandang ayam petelur di buat sedemikian rupa supaya mempunyai konstruksi yang cocok dan mempunyai nilai ekonomi yang dapat mensupport perkembangan ayam petelur.
Supaya ternak ayam Anda tumbuh dengan baik jadi terdapat banyak prasyarat yang perlu dipenuhi. Kriteria itu diantaranya penentuan bibit induk yang unggul, kandang yang penuhi prasyarat, nutrisi terpenuhi, manajemen pemeliharaan yang terjadwal baik dan kebersihan kandang serta kesehatan ayam yang di check dengan cara teratur.
Diluar itu sesungguhnya ayam ras untuk type apa pun dari mulai ayam ras pedaging sampai petelur sangatlah pas untuk tinggal di daerah dataran tinggi, sedang apabila ada di dataran rendah jadi butuh ditata suhu serta aliran udaranya supaya ayam ras dapat bertahan. Inilah kriteria yang perlu dipenuhi dalam kandang ayam petelur jenis FAE.
Posisi Kandang (Memanjang dari Timur ke Barat)
Ayam ras petelur butuh tinggal di kandang yang lancar pergantuan udaranya supaya hawa kotor didalam kandang dapat bertukar dengan hawa yang lebih fresh. Ayam ras juga tak dapat dijemur berlama-lama dibawah cahaya matahari sampai berjam-jam, lantaran kulit ayam bakal alami rusaknya apabila terlampau lama dibawah panas matahari.
Penyusunan Lebar Optimal Kandang
Lebar optimal ditata sebesar 7 mtr. apabila ikuti panjang kayu yang dapat digunakan. Panjang satu kayu yang dapat digunakan biasanya sebesar 4 mtr., tetapi apabila alami pemotongan di bagian-bagian untuk penyesuan pojok dan sebagainya yang dapat digunakan dapat 3, 5 hingga 3, 6 mtr. saja, oleh karenanya lebar maksimum yang dapat di buat mesti memakai dua batang dengan keseluruhan lebar 7.
Apabila Anda mau bikin kandang dengan ukuran yang lebih lebar umpamanya diatas 10 mtr. jadi Anda mesti bikin tinggu tiang kurang lebih selama 6, 5 mtr. supaya pertukaran dalam kandang terus berjalan
Panjang Kandang Ayam
Apabila Anda bikin kandang sesuai sama jenis FAE, jadi panjang kandang tak terbatas ukurannya. Permasalahan yang nampak ada di penyesuaian kedataran tanah serta distribusi air minum, walaupun makin panjang ukurannya jadi bakal makin ekonomis cost pemeliharaan yang dikeluarkan. Tetapi apabila Anda memakai nipple, jadi permasalahan pembagian air minum tidak bakal bergantung dari kedataran tanah.
Pembuatan Atap
Kandang ayam yang di buat sesuai sama jenis FAE di buat bertingkat, kurang lebih tinggi tiang tengah di buat 1/2 ari ukuran lebar kandang. Hal itu mempunyai tujuan untuk menyerap hawa panas dengan cara cepat ke atas serta hawa dibawah kandang selekasnya bertukar dengan hawa fresh. Suhu hawa panas dari luar kandang dapat dikurangi (futuristik).
Bahan basic yang dipakai untuk atap dapat menggunakan asbes atau mungkin galvalum yang sifatnya bisa memantulkan panas matahari, supaya suhu didalam kandang terus terbangun serta tak berlangsung overheat. Bila Anda bikin lebh dari satu kandang, jadi Anda mesti berikan jarak yang cukup antar kandang supaya aliran udaranya lancar dan hindari penularan penyakit pada ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar